8 Fakta Menarik Tentang Wisata Tangkuban Perahu

Wisata Tangkuban Perahu Bandung: Info Lokasi, Harga, dan Legendanya

Wisata Tangkuban Perahu menjadi salah satu destinasi wisata Bandung yang sangat populer dengan panorama alamnya yang cantik. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 2.084 mdpl. Gunung Tangkuban Perahu memiliki panorama alam yang cantik, serta berbagai fakta menarik. Berikut adalah fakta menarik wisata Gunung Tangkuban Perahu:

  • Legenda Sangkuriang

Gunung Tangkuban Perahu tidak lepas dari legenda sangkuriang. Tidak hanya diketahui oleh warga Sunda saja, namun legenda ini sudah banyak diketahui oleh masyarakat dari daerah lainnya.

Asal usul Gunung Tangkuban dikisahkan tentang sangkuriang yang menendang kapal hingga terbalik dan berubah menjadi gunung. Kisah ini berawal ketika Sangkuriang jatuh cinta dengan ibunya sendiri setelah sekian lama tidak berjumpa.

Dayang Sumbi membuat syarat meminta sangkuriang membuat perahu lengkap dengan danaunya sebagai bentuk penolakan secara halus. Waktu pembuatannya hanya dalam waktu semalam sebelum matahari terbit.

Dengan bantuan para jin, syarat tersebut hampir terselesaikan, akan tetapi Dayang Sumbi terus berdoa pada yang Maha Kuasa. Akhirnya Sangkuriang pun gagal karena matahari terbit lebih cepat saat itu. karena emosi, sangkuriang menendang perahu yang dibuatnya hingga terbalik yang akhirnya berubah menjadi Gunung Tangkuban Perahu.

  • “Perahu” Dilihat dari Bagian Selatan

Gunung Tangkuban Perahu akan terlihat seperti perahu dalam Legenda Sangkuriang jika dilihat dari bagian selatan. Sedangkan dari bagian lain tidak tampak demikian. Gunung Tangkuban perahu memiliki bentuk menyerupai kapal yang terbalik karena kawah yang berdampingan di antara arah barat dan timur.

  • Dikenal Sebagai Tempat Para Dewa

Gunung Tangkuban Perahu juga dikenal sebagai tempat para dewa. Secara etimologis destinasi wisata ini memiliki nama “perahu” yang merujuk kata “para” yang artinya banyak dan “hu” yang artinya dewa.

  • Wisata Tangkuban Perahu Memiliki 9 Kawah

Pesona alam yang cantik dari destinasi wisata alam khas Bandung ini berasal dari 9 kawah yang berada disekitarnya. Dari 9 kawah tersebut, Kawah Ratu, Domas dan Upas menjadi tujuan utama wisata di Gunung Tangkuban Perahu.

  • Memiliki Riwayat Erupsi Purba

Gunung Tangkuban Perahu memiliki riwayat letusan yang dahsyat sekitar 40.000 tahun lalu. Letusan tersebut menghasilkan lava yang menutupi area seluas 189 km2 dengan kedalaman sekitar 10 meter di arah timur laut. Gunung Tangkuban Perahu tumbuh dari kaldera Sunda sejak 90.000 tahun yang lalu.

  • Memasok 60 Persen Sumber Air bagi Cekungan Bandung

Kawasan wisata alam ini sempat menjadi sorotan publi karena berfungsi ekologis, ekonomis, sekaligus etnologis bagi masyarakat Sunda. Gunung Tangkuban Perahu turut menyumbakan 60 persen air sekaligus menjadi sumber air bagi cekungan Bandung. Oleh karena itu kelestarian dari tempat ini sangat dijaga, karena merupakan salah satu destinasi wisata terpenting di Bandung.

  • Habitat Flora dan Fauna

Wisata Tangkuban Perahu juga ditumbuhi beberapa flora khas Tatar Sunda, seperti Pohon Lemo, 12 macam pakis, dan Puspa (Schima wallichi). Selain ditumbuhi aneka flora khas Sunda, tempat wisata alam ini juga dihuni oleh berbagai fauna langka seperti Macan Tutul dan Elang Jawa.

  • Dekat dengan Tempat Wisata Lain

Letak Gunung Tangkuban Perahu berdekatan dengan beberapa tempat wisata lain seperti Hutan Alam Jayagiri dan Gedung Peneropongan Bintang Boscha.

Tempat wisata alam khas Bandung ini menyediakan keindahan alam yang bisa dinikmati bersama keluarga. Semoga berbagai fakta menarik ini bisa membantu anda untuk lebih mengenal tempat wisata Tangkuban Perahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *