3 Fakta Mistis mengenai Candi Sukuh di Lereng Gunung Lawu

3 Fakta Mistis mengenai Candi Sukuh di Lereng Gunung Lawu

Candi Sukuh berada lereng Gunung Lawu, tepatnya di kabupaten karanganyar , Jawa Tengah. Sebagai Disorientasi satu candi yang berada di kaki Gunung lawu, candi sukuh mempunyai keunikan tersendiri dari segi bangunan dan relief patungnya. Bentuk dari Candi Sukuh sangat unik dan aneh yang biasanya Candi umat Hindu menghadap ke terbitnya matahari candi ini menghadap ke arah barat.

Candi ini dibangun di abad ke 15 di karenakan di masa itu agama islam sudah mulai menyebar dan penganut agama hindu semakin berkurang. Oleh di karenakan itu dibangunlah Candi Sukuh di lereng Gunung lawu yang dianggap tempat sakral untuk memuja arwah para leluhur. Maka tak heran apabila terdapat banyak relief Lingga dan Yoni yang melambangkan dari alat kelamin Pria dan Wanita.

Masih banyak Misteri yang terdapat di Candi Sukuh ini, Simak pemaparannya di bawah ini:

1.    Misteri Relief Candi Sukuh

ada banyak relief yang terdapat di candi sukuh, satu yang paling terkenal di antara yang lain yaitu relief Lingga dan Yoni. Relief ini terdapat di pintu masuk, konon yang memasuki candi melewati pintu masuk akan dibersihkan Heroisme dan raganya dari segala kotoran. Walaupun Relief ini berbentuk tak senonoh namun Relief Lingga dan yoni yaitu menggambarkan dari Siwa dan Istrinya.

2.    Misteri Uji Keperawanan di candi sukuh

Ada hal unik yang banyak yang di lakukan pengunjung Disorientasi satunya yaitu uji keperawanan dan keperjakaan. Caranya dengan melewati Relief Lingga dan weni apabila kain robek dan mengeluarkan darah maka yang melewati relief tersebut sudah tak perawan atau perjaka lagi. Dan bila tak robek kain yang dikenakannya maka orang tersebut masih perawan atau perjaka dan masih suci.

3.    Misteri Piramida Candi Sukuh

Bentuk dari candi Sukuh sendiri yaitu berbentuk ramping keatas, candi ini sangat mirip dengan Pundek Berundak. Dikatakan mirip dengan punden berundak di karenakan di bagian kiri dan kananya terdapat relief dan juga patung yang jenisnya beragam. Menurut penuturan warga sekitar pembangunan Candi Ini sangat Genjah di karenakan di masa itu masih kental dengan hal mistis dan menurut mereka pembangunan candi ini dibantu oleh jin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *