Danamas vs Kredivo: Yang Bunganya Rendah untuk Pinjaman Pribadi

https://lh6.googleusercontent.com/XSBRJD0hcJlND_IiHDyYImBLxB9J8VKFb7LhbkdzQHVDiaaDs5pY4p6jn4Ui03IeKD3oM3OSamcpIfrbznM38uqXnftOXXz_UW5OCYOkLbZG5vD2UWXp8cduZW_Iu5IDh28_Bk9p

Adakah di antara temen-temen yang lagi cari pinjaman online cepat cair bayar bulanan? Sekian banyak daftar lembaga pinjaman dan fintech, mungkin temen-temen sekarang kebingungan, mesti pake yang mana ya yang oke dan aman buat pinjaman tunai?

Persis, hal ini juga saya alami tiga bulan lalu pas lagi kepepet butuh pinjaman dana. Berhubung sekarang eranya fintech (yang resmi terdaftar di OJK ya, bukan yang ilegal), saya pakai jasa aplikasi pinjaman online cepat cair bayar bulanan untuk urusan darurat tersebut. Dari hasil pencarian saya di website OJK, google search, dan play store, ketemulah saya sama Danamas dan Kredivo

Danamas dan Kredivo adalah dua fintech yang saya pilih dari sekian banyak daftar fintech resmi karena beberapa alasan. Yang utamanya karena kredibilitas. Danamas yang merupakan fintech milik dari grup Sinarmas, sementara Kredivo merupakan produk dari PT FinAccel Teknologi Indonesia. Plus, Kredivo sekarang ini cukup populer dalam ranah kredit dan pinjaman online tanpa jaminan karena limitnya yang besar dan bunganya paling rendah dibanding pinjaman online lain. 

Berangkat dari profil tersebut, akhirnya saya bandingin antara Kredivo dan Danamas nih sebelum pakai salah satunya buat pinjaman dana. Nah, berikut ini beberapa poin yang saya bandingkan yang mungkin bisa jadi bahan referensi temen-temen dalam memilih fintech: 

Jenis Pinjaman Online yang Tersedia di Danamas vs Kredivo

Di Danamas, ada empat jenis pinjaman yang tersedia yang menyasar target yang berbeda, yaitu: (1) Peminjam Dana Tunai; (2) Peminjam Petani Peternak; (3) Peminjam Pedagang Pulsa; (4) Peminjam Invoice Financing. Setiap jenis pinjaman, memiliki syarat dan ketentuan pinjaman yang berbeda-beda. Untuk peminjam dana tunai, limit yang berlaku di Danamas maksimal hingga Rp 7,5 juta. 

Sementara di Kredivo, pinjaman terbagi menjadi dua jenis: pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Berbeda dengan Danamas, pinjaman online di aplikasi Kredivo bisa digunakan oleh siapa saja yang sudah terdaftar sebagai akun Premium dan memiliki limit yang mencukupi di Kredivo. 

Jadi sederhananya, sebelum ngajuin pinjaman via Kredivo, kita perlu download aplikasinya dan daftar akun dulu. Kalo disetujui sama pihak Kredivo (dalam waktu 1 x 24 jam), maka kita bakal diberikan limit kredit yang bentuknya nontunai. 

Maksimal limit kredit yang bisa didapat oleh pengguna Premium adalah Rp 30 juta. Tapi, nggak menutup kemungkinan kita dapetnya kurang dari angka tersebut karena besar kecilnya limit disesuaikan sama aplikasi/dokumen kita pas daftar. Karena bentuk limit dari Kredivo nontunai, kita tinggal cairin aja limit tersebut lewat fitur pinjaman mini atau pinjaman jumbo kalo sewaktu-waktu perlu. 

Sesuai definisi di atas, supaya apple to apple, maka yang akan saya bandingin di sini adalah Peminjam/Pinjaman Dana Tunai di Danamas dan Pinjaman Mini/Jumbo di Kredivo ya. 

Syarat Daftar & Mengajukan Pinjaman di Danamas vs Kredivo

Oke, sekarang kita lanjut ke bagian: siapa sih yang bisa ngajuin pinjaman di Danamas dan Kredivo? Hal ini jadi yang paling penting untuk diketahui di awal karena setiap fintech pinjaman online cepat cair bayar bulanan punya syarat yang berbeda-beda. Mulai dari usia, minimum penghasilan, domisili, sampai dokumen yang harus dilengkapi. 

Kalo mau daftar dan ajuin pinjaman dana tunai di Danamas, kita harus: 

  1. Merupakan WNI yang berusia 21 – 65 tahun. 
  2. Punya HP Android dan email yang aktif.

Tapi, dalam laman FAQ di situs Danamas, saya menemukan informasi bahwa peminjam di Danamas harus memiliki usaha penjualan pulsa dan merupakan reseller yang terdaftar pada distributor yang bermitra dengan Danamas. Untuk peminjam dana selain penjual pulsa/yang tidak sesuai syarat tersebut, akan tetap diproses tapi butuh waktu yang lebih panjang. Pendaftaran akun dan pengajuan pinjaman Danamas bisa dilakukan langsung lewat aplikasi Danamas yang tersedia di Google Play Store. 

Di Kredivo, buat daftar akun, kita harus: 

  1. Merupakan WNI yang berusia 18 – 60 tahun. 
  2. Berpenghasilan tetap minimal sebesar Rp 3 juta per bulan. 
  3. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. 

Jika memenuhi syarat tersebut, kita bisa langsung daftar akun lewat aplikasi Kredivo. Aplikasinya tersedia di Google Play Store (untuk pengguna Android) dan App Store (untuk pengguna iOS) dan bisa didownload gratis. 


Dari perbandingan di atas, yang mana nih yang kira-kira syaratnya sesuai dengan kalian? Danamas atau Kredivo?

Limit, Tenor dan Suku Bunga Pinjaman di Danamas vs Kredivo

Supaya lebih yakin lagi milihnya, terakhir yuk kita bandingin yang paling krusial dalam hal pinjaman: limit, tenor, dan suku bunga antara Danamas vs Kredivo. 

Pinjaman Dana Tunai di Danamas berlaku untuk pengajuan mulai dari Rp 500 ribu sampai Rp 7,5 juta dengan tenor singkat mulai dari 3 – 7 bulan. Sementara suku bunganya juga berbeda-beda tergantung dengan perkembangan pasar. Kalo yang saya pahami dari sini, suku bunga yang ditetapkan Danamas adalah suku bunga mengambang. Selain mengikuti pasar, besar kecilnya bunga juga akan disesuaikan dengan nominal pinjaman. 

Dalam laman Google Play Store aplikasi Danamas, ada sebuah video tutorial yang menjelaskan cara pengajuan pinjaman. Di video tersebut tertera simulasi untuk pinjaman Rp 7,5 juta dengan tenor 3 bulan suku bunganya sebesar 19,2%, ditambah biaya-biaya lain yang menyertai seperti biaya admin, dan biaya layanan. 

Di Kredivo, pinjaman tunai berlaku mulai 500 ribu untuk pinjaman mini dan mulai dari Rp 1 juta untuk pinjaman jumbo. Maksimal pinjaman yang bisa diajukan adalah sebesar tenor 6 bulan yang kita punya. Kalo ada Rp 10 juta, maka bisa Rp 10 juta. Kalo ada Rp 15 juta, maka bisa Rp 15 juta. Tenor yang tersedia untuk pinjaman mini maksimal 30 hari, sedangkan pinjaman jumbo punya dua opsi tenor: 3 bulan dan maksimal 6 bulan. 

Yang buat saya paling menarik dari Kredivo adalah suku bunganyanya yang TOP, cuma 2,6% per bulan. Jarang-jarang kan ada fintech yang nerapin suku bunga bulanan yang rendah dan tetap. Ini juga yang akhirnya bikin saya berani coba & pilih Kredivo buat pinjaman online. 

Gimana nih dengan kalian?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *