gamis abaya

Artikel Mengenai perbedaan busana Gamis Abaya, Kaftan dan juga Gamis Biasa

Di Indonesia yang mempunyai mayoritas penduduk sebagai muslim, bermacam macam hijab atau busana ala muslimah yang syar’i menjadi salah satu daya pikat. Seperti gamis abaya yang cantik dan juga busana busana lainnya contohnya kaftan dan juga gamis. Semuanya merupakan salah satu fashion hijab yang kekinian dengan model simple dan juga sederhaha nanmun tetap gaya. Ketiga busana model hijab tersebut ternyata masih ada yang bingung membedakan nya, maka dari itu penulis akanmengulas antara perbedaan busana hijab modern Abaya, Kaftan dan juga Gamis ini.

Ciri khas dari ketiga busana hijab yang modern ini adalah desain nya yang sederhana longgar serta tidak heran busana ini memang disukai oleh para hijabers sebagai fashion hijab untuk bergaya casual maupun Formal.

Untuk sekedar info, dari ketiga busana tersebiur memang memiliki persamaan antara lain inovasi dan juga desainnya yang terus berkembang mulai dari motif, bahan dan juga detail nya. Namun tentunya ketiga nya ini memiliki perbedaan simak baik baik ya

Abaya

Abaya merupakan busana khas Timur tengah atau biasa disebut sebagai gamis arab. Abaya sendiri memiliki model yang simple, dengan bentuk yang melebar dan sangat nayaman dipakai untuk busana muslim karena lekukan tubuh tidak akan terlihat jika kamu memakai busana yang satu ini. Busana ini kian dimodifikasi menjadi busana dan hijab modern yang sangat cocok untuk digunakan untuk tampilan formal. Bahan yang biasa digunakan untuk membuat Abaya tergantung selera si pembuatnya. Ada yang menyukai bahan satin kaos, brokat hingga sutera. Selain itu inovasi dari abaya juga biasanya berupa manik-manik border hingga layer untuk mempercanti busana yang satu ini.

Kaftan

Berbeda dengan Abya, kaftan merupakan salah satu busana tunik yang digunakan pada jaman kerajaan Persia kunop berabad silam. Sama halnya seperti abaya, busana kaftan memiliki bentuk longgar dengan tidak memiliki potongan lengan, pada awal kemunculannya, busana model hijab satu ini berbentuk kotak dan tidak memiliki detail atai hiasan apapun. Namun, seiring waktu dan perkembangan jaman, busana hijab ini masih diminati banyak para muslimah karena memiliki inovasi yang sangat beragam. Mulai dari kerut, monumental tekstil hingga draperi yang membaut busana ini terlihat fashionable dan juga stylish.

Saking banyaknya diminati, Busana ini tidak hanya digunakan dan diminati oleh wanita muslimah saja. Banyak wanita yang tidak berhijab atau non muslim memakai busana yang satu ini untuk menghadiri acara formal atau model dress. Kaftan ini memiliki motif atau aksesoris, mainik manik dan detail yang membuat busana ini kian berkelas.

Gamis

Hampir mirip dengan kaftan. Gamis merupakan busana dengan desain sedikit menyerupai bentuk tubuh namun tetap longgat. Busana ini tidak terlalu lebar dan cenderung memiliki model yang lurus. Seiring dengan perkembangan jaman dan mode, fashion hijan satu pun ini semakin banyak inovasinya. Muali dari penambahan manik-manik, detail dan model hijab yang kian modern. Gamis juga tidak hanya dipakai untuk umat muslim saja, Melainkan banyak juga dipakai untuk merayakan acara keagamaan, acara pernikahan atau busana untuk hadir ke acara keluarga besar.

Nah setelah membaca artikel diatas, mungkin sekarang kamu jadi tau mana perbedaan dari ketiga busana muslim tersebut. Semoga artikel ini membantu. Wasallam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *