3 Misteri Keris Paling Mengerikan di Indonesia

3 Misteri Keris Paling Mengerikan di Indonesia

Di zaman dahulu kegunaan keris sebagai senjata dalam duel/perang, sekaligus sebagai benda pelengkap sesajian. Keris purba sendiri sudah digunakan antara abad ke-9 dan 14, keris sendiri yaitu senjata khas daerah daerah di pulau Jawa. Keris sendiri terbagi  menjadi tiga bagian yaitu mata,hulu dan sarung, beberapa jenis keris mempunyai mata pedang yang berkelok-kelok.
Selain digunakan untuk senjata perang,banyak yang percaya bahwa keris juga mempunyai kekuatan supranatural yang tersimpan di dalamnya. di penggunaan masa kini keris lebih digunakan untuk beda aksesoris dalam berbusana, di karenakan keris mempunyai simbol budaya dari segi estetikanya. Di Indonesia sendiri banyak legenda keris sakti dan yang paling terkenal yaitu legenda keris Mpu Gandring dalam legenda Ken Arok dan Ken Dedes.

Berikut beberapa legenda keris sakti yang ada di indonesia, supaya tak akan penasaran Silahkan simak pemaparannya di bawah ini:

 Keris Mpu Gandring

Legenda pertama yaitu Keris Mpu gandring yang merupakan senjata pusaka dari kerajaan Singhasari di daerah Malang,Jawa Timur. Menurut sejarah keris ini di buat oleh pandai besi yang dikenal sakti Mpu Gandring atas pesanan dari Ken Arok. Setelah Selesai Ken Arok mencoba keris dengan menusukkannya di Mpu Gandring, saat sekarat dia mengutuk Keris supaya meminta korban nyawa selama tujuh turunan.

 Keris Condong Campur

Condong campur yaitu Disorientasi satu keris pusaka milik dari kerajaan Majapahit yang banyak disebut dalam legenda. Keris ini dikenal dengan nama Kanjeng Kyai Condong Campur, Konon Keris ini dibuat dengan ratusan orang Mpu. Bahan Kerisnya sendiri diambil daari berbagai tempat, saat selesai keris ini menjadi keris pusaka yang sangat ampuh namun mempunyai watak Dursila. 

Keris Kyai Setan Kober

Keris Kyai Setan Kober yaitu nama keris yang di miliki oleh Adipati Jipang, Arya Penangsang namun aslinya keris ini milik sunan Kudus. Keris ini digunakan oleh Arya Penangsang saat melawan tombak Kyai Pleret yang dimiliki oleh Sutawijaya. Namun dalam cerita sejarah bahwa Arya Penangsang meninggal oleh kerisnya sendiri yang memotong ususnya setelah di tusuk oleh Sutawijaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *